Senin, 31 Desember 2012

CARA MEMBUAT DUAL BOOT WINDOWS 7/8 DAN WINDOWS XP TANPA MERUSAK SYSTEM KE-DUANYA BAG 3



3.MEMBUAT  KLONINGAN OS XP.
Saya Anggap saja sobat sudah mempunyai OS XP entah punya siapa dan ada di pc siapa.(enaknya punya sendiri yang semua driver plus aplikasi pendukung seperti office, codec pack, game dll telah terinstall.Sebenarnya saya malas membahas pembuatan cloning ini karena masalah ini sudah banyak betebaran tutorialnya di blog-blog, tapi tak apalah hitung-hitung melengakapi PEMBUATAN DUAL BOOT INI.Kita mulai saja.
Colokan USB Bootable yang tadi telah sobat buat ke PC yang berisi OS XP, Boot lewat USB ini.biarkan sampai mini xp ini selesai loading biasanya sebentar kok.Tinggal double klik shortcut Norton Ghosnya, 
gambar
tampilan mini XP+Ghost


maka Ghost pun akan muncul.Pilih  menu Local-Partition-to image
menu ghost


Lalu pilih sumber OS XP (ada di drive C biasanya)
Gambar:
pilih OS XP yang akan di Klon


Klik ok maka akan muncul dialog dimana file kloningan ini akan disimpan dan di beri nama apa.
Gambar:
simpan dan beri nama file kloningan ini


Beri nama KLON XP.gho saja, biar gampang di ingat dan simpan di tempat yang aman terserah sobat dimana, saya sarankan nanti kalau sudah selesai dibuat oleh Norton ghost file ini simpan di CD atau di USB biar nanti suatu saat sobat mau install XP tidak usah install dari cd installer windows lagi yang memakan waktu.Hal ini pun berlaku baik untuk XP,Windows 7 maupun Windows 8, sayapun menyimpan kloningan OS ini di USB ada yang win 8, win7 maupun XP, jadi gak usah install lagi tinggal Re-Store saja. :D.
Oke balik ke ghost, klik ok tinggal pilih kompresinya mau normal fast atau Hight, dan biarkan ghost bekerja membuat kloningan OS sampai selesai.bila sudah klik quit saja tanpa restart.
Selesai deeh…


NB:Volume Partisi yang baru di buat sebelumnya ( contoh sebelumnya Drive L: harus HARUS LEBIH BESAR beberapa giga dari hasil file kloningan hingga nanti saat melakukan Re-store OS XP tidak terjadi error karena kurangnya space.


NB:Pembuatan kloningan ini pun sama untuk windows 7 atau windows 8

NB:Semakin banyaknya aplikasi yang terpasang di XP maka akan semakin besar kapasitas SYSTEM XP dan hal ini akan membuat pembuatan gho semakin lama dan volume file gho semakin besar pula.


NB:Mini XP ini berasal dari HBCD dan saya rampingkan jadi ada atau banyak program yang saya buang mengingat HBCD itu besar filenya kira-kira 560MB saya  rampingkan menjadi kira-kira 132MB saja.
Credit to HBCD  (www.hirensbootcd.org)

Semoga bermanfaat...
 

1 komentar:

  1. Mas bro saya tertarik ngeliat mini xp-nya. minta tutorialnya hbcd dong, bagaimana cara mengcustomnya seperti:
    - ganti tampilan wallpaper sesaat setelah booting
    - menambahkan startup program pada hbcd

    BalasHapus